Definisi dan Jenis-Jenis Pasar

Pasar

1. Definisi Pasar
Pasar adalah : orang – orang yang mempunyai kegiatan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya
.
2. Tiga Faktor dalam Pasar
a. Orang dengan segala keinginannya
b. Daya beli mereka
c. Tingkah laku pembelian mereka

3. Jenis- jenis Pasar
Berdasarkan motif pembelian, pasar dapat digolongkan kedalam lima golongan :

A. Pasar Konsumen 
Yaitu sekelompuk pembeli yang membeli barang – barang untuk dikonsumsi sendiri bukan untuk dijual atau untuk diproses lagi.
Konsumen membeli barang – barang konsumsi untuk memuaskan kebutuhan mereka. Faktor – faktor yang mempengaruhi timbulnya kebutuhan :
• Perkembangan phisik
• Faktor sosial
• Faktor ekonomi dan sebagainya.
Adapun pihak – pihak yang terlibat dalam pembelian :
• Initiator yaitu orang yang pertamakali menyarankan untuk membeli suatu produk
• Influencer yaitu orang yang mempengaruhi keputusan akhir untuk membeli
• Decider yaitu orang yang mengambil keputusan untuk membeli ( kapan, dimana, apa )
• Purchaser yaitu orang yang membeli barang tersebut
• User yaitu orang yang menggunakan barang tersebut.
Cara pembeliannya :
• Reminder Buying yaitu pembelian tanpa direncanakan hanya berdasarkan ingatan
• Suggestion Buying yaitu pembelian yang didasarkan pada saran orang lain
• Rational Buying yaitu pembelian yang didasarkan pada berbagai macam pertimbangan yang matang

B. Pasar Produsen / Industri
Yaitu pasar yang terdiri atas individu atau lembaga yang membeli barang untuk diproses lagi. Pembelian barang – barang industri bersifat national.

C. Pasar Penjualan
Yaitu suatu pasar yang terdiri atas individu dan organisasi yang membeli barang – barang untuk dijual lagi atau untuk disewakan. Pembeliannya dilakukan secara national dan berusaha memilih penyedia yang terbaik.

D. Pasar Pemerintah
Yaitu suatu pasar yang terdiri atas lembaga – lembaga pemerintah. Seperti departemen – departemen, kantor dinas dan lain – lain yang membeli barang – barang / jasa untuk keperluan pelaksanaan fungsi – fungsi pemerintahan. Misalnya pembelian untuk keperluan : pertahanan, pendidikan dan kebudayaan, pekerjaan umum, kesehatan dan lain – lain. Tujuan pembelian untuk kepentingan dan kesejahteran masyarakatnya yang melakukan pembelian yaitu pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pembelian dapat dilakukan dengan penawaran secara terbukan dan dengan kontrak perjanjian.

E. Pasar International
Yaitu pasar yang meliputi beberapa atau semua negara di dunia. Barang yang dibeli dapat berupa barang industri ataupun konsumsi. Pembeliannya harus dilakukan berdasarkan prosedur perdagangan international.

0 komentar:

Posting Komentar