Pengertian Dasar Marketing

Pengertian Dasar Marketing

Marketing merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kita karena didalam kehidupan kita sehari – hari kita selalu terlibat dalam aktivitas marketing. Secara umum marketing adalah pertukaran dari produsen ke konsumen. Bagi perusahaan fungsi marketing merupakan fungsi yang vital karena melalui kegiatan marketing-lah perusahaan mendapatkan dananya kembali.
1. Peranan Marketing
Marketing mempunyai peranan penting dalam perekonomian yaitu sebagai sumber lapangan kerja dan sumber pendapatan.

2. Tujuan dan Aktifitas Marketing
a. Maximize Consumption.
Banyak para pemasar yang beranggapan bahwa aktivitas marketing adalah untuk memudahkan dan merangsang konsumsi maksimal yang nantinya akan menciptakan produksi maksimal. Lapangan kerja dan kemakmuran.
b. Maximize Consumer Satisfaction.
Pandangan lainnya mengatakan bahwa tujuan dari sistem pemasaran adalah untuk memaksimalkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi sulit untuk mengukur apakah kosumen puas atau tidak, karena belum ada tolak ukur kepuasan yang diberikan suatu produk kepada tiap individu.
c. Maximize Choice
Sasaran sistem pemasaran adalah untuk memaksimalkan ragam produk dan pilihan konsumen. Sistem ini akan memungkinkan konsumen untuk menemukan barang yang secara tepat dapat memuaskan kebutuhan mereka.
d. Maximize Life Quality
Banyak orang percaya bahwa sasaran sistem pemasaran adalah memperbaiki “kualitas hidup.
Kualitas ini terdiri dari
- Kualitas yang berhubungan produk itu sendiri
- Kualitas lingkungan hidup
- Kualitas lingkungan budaya.

0 komentar:

Posting Komentar