Tahap – tahap pengembangan produk baru

Tahap – tahap pengembangan produk baru

1. Mencari ide tentang produk baru
Sumber – sumber ide dari dalam perusahaan
- Staf penelitian
- Karyawan
- Salesman
Sumber ide dari luar perusahaan
- Langganan
- Pesaing
- Penyalur
- Konsultan
- Lembaga pemerintah

2. Menyaring ide – ide
Setelah dikumpulkan, ide – ide tersebut kemudian disaring untuk menentukan ide – ide mana yang akan dipilih. Penyaringan ini dilakukan oleh manager dan staf ahli.

3. Mengadakan Analisa.
Tahap berikutnya kita menganalisa. Di sini kita menguji kemampuan laba potensial dari ide product baru. Hal ini penting agar perusahaan tidak mengalami kerugian.

4. Melaksanakan Pengembangan Barang
Ide barang baru setelah dianalisa kemudian diterapkan pada barang secara phisik. Dibuat contoh barangnya, bila ada kesalahan / kekurangan secepatnya diperbaiki.

5. Test Pemasaran
Test ini diterapkan pada daerah tertentu. Test ini bertujuan untuk mengetahui tentang potensi penjualan produk baru, untuk mengetahui kesalahan – kesalahannya ataupun untukl mengetahui strategi pemasaran yang seharusnya.

6. Memproduksi dan Memasarkan Barang
Bila telah melalui semua test – test, maka tahap akhir adalah memproduksi secara besar – besaran dan memasarkannya. Dalam hal ini perlu diperhatikan waktu pengenalannya.

7. Kriteria Barang Baru Yang Akan Dikembangkan
- Permintaan pasar harus efektif
- Harus disesuaikan dengan lingkungan sosial
- Harus menguntungkan
- Tidak melanggar hukum
- Harus sesuai dengan tujuan perusahaan

1 komentar:

  1. Selamanya kurang lebih 7 bulan gabung bersama broker ACY, ane yang dimana merasa puas dan bangga deh telah gabungnya bersama ACY, dengan dimana cepat nya masalah eksekusi, pelayanan yang ramah, terpercaya dana trading, bonus yang menarik, serta dimana adanya juga khursus online nya, ACY memang benar benar is the best broker

    BalasHapus