Bahaya tidur mendengkur atau mengorok

bahaya tidur mendengkur atau mengorok

Mendengkur atau mengorok kerap kali dialami sebagian orang yang sedang tidur. Dengkurang yang muncul terkadang keras bahkan sepanjang malam. “Bahkan tak jarang terjadi disharmoni antara suami dan istri yang mengakibatkan perceraian karena salah satu pasangan senantiasa mendengkur,” kata dokter spesialis telinga-hidung-tenggorokan, Arie Cahyono, dalam seminar media tentang bahaya tidur mendengkur, di Rumah Sakit Premier Bintaro, Bintaro Jaya, Tangerang. Mendengkur terjadi karena adanya penyempitan pada saluran napas, sehingga membuat getaran pada langit langit tenggorokan. Beberapa gejala orang yang mengalami Obstruktuktive Sleep Apnea (OSA).

1. Rasa mengantuk berlebihan pada siang hari
2. Mendengkur dengan suara keras
3. Nafas terhenti saat tidur
4. Terbangun disertai sesak nafas
5. Mulut kering
6. Sakit kepala
7. Sering buang air kecil saat malam hari

Akibat yang dapat ditimbulkan oleh OSA beragam, mulai dari lelah saat bangun tidur, ngantuk sepanjang hari, pelupa, menurunnya konsentrasi, penurunan prestasi kerja, mudah tersinggung, depresi, hingga sakit kepala yang biasa terjadi pada pagi hari. Hal tersebut terjadi karena kualitas tidur pada pengidap OSA otomatis menjadi buruk.

Yang lebih gawatnya, OSA juga dapat menyebabkan munculnya sejumlah penyakit lain, seperti hipertensi, jantung, stroke, dan gangguan seksual. Hal tersebut terjadi karena OSA akan membuat darah kekurangan oksigen yang berlangsung kronis, menimbulkan sel-sel peradangan, dan selanjutnya membuat pembuluh darah jadi menebal. Yang terjadi OSA memperberat kerja jantung dan membuat stres organ lain, seperti jantung, otak, pembuluh darah, serta organ lainnya.

2 komentar:

  1. Sekilas nya yang ane lihat dimana tentang website nya ACY ini terbaik dengan dimana ada khursus online, dimana dengan fasilitas lumayan baik di berikan, tetapi dimana sih ane saat ini masih belum tertarik untuk coba gabung bersama ACY, karena dengan dimana masalah kurang nya layanan berbahasa, leverage yang kecil, semoga dapat di kembangkan lagi deh untuk broker ACY ini agar trader lain termasuk ane dapat lebih tertarik untuk coba gabung bersama ACY ini

    BalasHapus
  2. informasi yang sangat berguna,saya baru tau kalau mendengkur atau mengorok itu dapat menyembabkan penyakit stroke.terimakasih atas infonya kak..

    BalasHapus