Pengertian Saham

pengertian saham


1. Saham preferent
Saham preferen (preferred stock) adalah saham yang disertai dengan preferensi tertentu di atas saham biasa dalam hal pembagian dividend an pembagian kekayaan dalam pembubaran perusahaan. Saham preferen ini biasanya memberikan dividen yang tetap setiap tahunnya seperti hal nya obligasi. Pada umumnya saham preferen ini tidak mempunyai hari jatuh (perpetuity).

2. Saham biasa
Penentuan besarnya rate of return dan nilai dari saham biasa (common stock) lebih sukar dibandingkan obligasi dan saham preferen, karena:
a. Forecasting dari pendapatan, dividend dan harga saham diwaktu yang akan datang adalah sukar.
b. Tidak seperti halnya dengan bunga dan dividend preferen, pendapatan dan dividend saham biasa diharapkan meningkat setiap tahunnya, dan tidak tetap konstan.

Nilai investasi dari selembar saham biasa tergantung kepada jumlah pendapatan dalam rupiah yang diharapkan akan diterima oleh seorang investor kalau dia membeli saham tersebut. Dengan demikian maka nilai dari suatu saham ditentukan oleh besarnya dividend yang diterima oleh investor selama dia mempertahankan saham tersebut plus penerimaan hasil penjualan kalau dia menjual saham tersebut. Jadi harga akhir (ending price) dari saham biasa adalah sama dengan harga permulaan ditambah dengan “capital gains” atau dikurangi dengan “capital lossess”. Capital gain akan diperoleh kalau harga pada waktu dia menjual saham lebih tinggi dari pada harga pada waktu dia membelinya dan menderita “Capital losses” kalau harga pada waktu menjual sahamnyalebih rendah dari pada harga pada waktu dia membelinya.

0 komentar:

Posting Komentar