Peran, Tujuan, dan Prosedur penetapan harga
1. Peranan Harga.a. Dalam Perekonomian
Mempengaruhi tingkat upah, sewa, bunga dan laba atas faktor – faktor produksi.
b. Dalam Perusahaan
Mempengaruhi market share, laba perusahaan.
2. Tujuan Penetapan Harga.
a. Mendapat laba maximim
b. Mendapat pengembalian investasi
c. Mencegah atau mengurangi persaingan
d. Mempertahankan atau memperbaiki market share
3. Prosedur Penentuan Harga.
a. Mengestimasi Permintaan Barang Tertentu
Penjual mengestimasi permintaan barangnya secara total
Caranya :
o Menentukan harga yang diharapkan
o Mengestimasi volume penjualan pada berbagai tingkat harga.
b. Mengetahui Lebih Dahulu Reaksi Dalam Persaingan
Kondisi persaingan sangat mempengaruhi kebijaksanaan penentuan harga.
Adapun sumber persaingan adalah :
o Barang – barang sejenis yang dihasilkan perusahaan lain
o Barang – barang pengganti
o Barang barang lain
c. Menentukan Market Share Yang Dapat Diharapkan
Perusahaan yang agresif selalu berusaha untuk memperbesar market share. Market share diharapkan akan mempengaruhi tingkat harga karena adanya biaya – biaya produksi, promosi, expansi dan lain – lain.
d. Memilih Starategi Harga Untuk Mencapai Target Pasar
Ada 2 macam strategi :
• Skim The Cream Pricing
Merupakan penetapan harga yang setinggi – tingginya, maksudnya untuk menutupi biaya penelitian, pengembangan dan promosi.
Starategi ini sesuai untuk barang baru sebab :
o Pada tahap permulaan harga masih sangat elastis karena persaingan belum banyak
o Dapat membagi pasar berdasarkan tingkat penghasilan yaitu menjual barang baru pada segmen berpenghasilan tinggi
o Dapat berfungsi untuk berjaga – jaga terhadap kekeliruan penetapan harga
o Dapat menghasilkan laba yang tinggi
o Harga tinggi dapat membatasi permintaan sesuai dengan kapasitas perusahaan.
• Penetration Pricing
Merupakan strategi penetapan harga yang serendah – rendahnya yang bertujuan untuk mencapai volume penjualan sebesar – besarnya dalam waktu singkat.
e. Mempertimbangkan Politik Pemasaran Perusahaan
Dalam menentukan harga harus dipertimbangkan kebijaksanaan dalam bidang – bidang lainya, misalnya ; distribusi, promosi, produk lainya.
0 komentar:
Posting Komentar