Saluran Distribusi

Saluran Distribusi

1. Definisi Saluran Distribusi
Saluran distribusi adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen ke konsumen.
Lembaga – lembaga yang ikut ambil bagian pada saluran distribusi ;
o Produsen
o Perantara ( pedagang / agen )
o Konsumen

2. Alasan Menggunakan Perantara.
Adalah untuk meningkatkan efisiensi distribusi

3. Faktor Pertimbangan Pemilihan Saluran Distribusi.

a. Pertimbangan Pasar
• Konsumen atau pasar industri. Bila pasar industri, pengecer jarang dipakai. Bila pasar konsumen dan pasar industri perusahaan akan menggunakan lebih dari satu saluran.
- Jumlah pembeli potensial. Bila sedikit akan dijual langsung
- Jumlah pesanan
- Konsentrasi Pasar
- Kebiasaan dalam pembelian, termasuk diantaranya
- Kemauan untuk membelanjakan uangnya
- Tertariknya pembeli dengan kredit
- Lebih senang melakukan pembelian
- Pembelian tidak berkali – kali
- Tertarik pada pelayanan pembeli

b. Pertimbangan Barang
- Nilai unit
Jika nilai unit rendah, salurannya panjang, jika nilai unuit tinggi salurannya pendek
- Besar dan Berat barang
Jika barangnya berat dan besar, perusahaan harus mempertimbangkan ongkos angkut agar perantara ikut menanggung
- Mudah Rusaknya barang
- Sifat Teknis
- Luasnya Product Line

c. Pertimbangan Perusahaan
- Sumber pembelanjaannya
- Pengalaman dan kemampuan management
- Faktor pengawasan saluran
- Pelayanan yang diberikan oleh penjual

d. Pertimbangan Perantara
- Pelayanan yang diberikan perantara
- Kegunaan perantara
- Sikap perantara terhadap kebijaksanaan produsen
- Volume penjualan
- Ongkos

4. Jenis Saluran Distribusi.

a. Untuk Barang konsumsi
- Produsen – konsumen
- Produsen – pengecer – konsumen
- Produsen – pedagang besar – pengecer – konsumen
- Produsen – agen – pengecer – konsumen
- Produsen – agen – pedagang besar – pengecer – konsumen

b. Untuk Barang Industri
- Produsen – pemakai industri
- Produsen – distributor industri – pemakai industri
- Produsen – agen – pemakai industri
- Produsen – agen – distributor industri – pemakai industri

5. Fungsi – fungsi saluran distribusi :

a. Fungsi Pertukaran
- Pembelian
- Penjualan
- Pengambilan resiko

b. Fungsi Penyediaan Fisik
- Pengumpulan
- Penyimpanan
- Pemilihan
- Pengangkutan

c. Fungsi Penunjang
- Pelayanan pembeli
- Pembelanjaan
- Penyebaran informasi
- Koordinasi saluran

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus