Marketing Mix

marketing mix

Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.

a. Produk

Dalam produk termasuk perencanaan dan pengembangan produk. Untuk barang konsumsi bentuk fisik sangat menentukan pembelian.
- Brand Name, merupakan hal penting
- Untuk barang industri nama perusahaan yang lebih penting
- Garansi dan after sale service

b. Harga

Dalam menentukan harga, management harus menentukan harga dasar dari produknya. Untuk barang – barang industri harga berorientasi pada biaya.
Dalam menentukan harga juga harus diperhatikan tujuan perusahaan, misalnya:
- Maxixmumisasi penjualan
- Menguasai persaingan
- Memperbaiki dan memperbesar market share

c. Promosi

- Untuk barang industri ditekankan pada personal selling. Juga promosi penjualan seperti pameran dan peragaan.
- Untuk barang konsumsi promosinya berupa :
- Promosi penjualan, seperti : kupon, sampel
- Advertising

d. Distribusi

Barang konsumsi biasanya dijual melalui perantara. Barang industri biasanya tidak menggunakan perantara.
Dalam menyalurkan barang harus diperhatikan alat transportasi seperti :
- Kereta api
- Pesawat udara
- Kapal
- Truk
- Pipa, dan lain – lain

0 komentar:

Posting Komentar